Jenis-Jenis Sistem Operasi Perangkat Bergerak

 JENIS-JENIS SISTEM OPERASI PERANGKAT BEREGERAK

    Secara mendasar, perangkat bergerak (mobile device) identik dengan perangkat yang bisa dibawa ke mana-mana atau bergerak (mobile). Berbagai jenis sistem operasi (OS) dijalankan pada perangkat keras yang beredar di pasaran. Sistem operasi mobile (genggam) yang dikenal dengan istilah platform mobile identik dengan sebuah program yang menggerakkan suatu perangkat keras, seperti ponsel, smartphone, PDA, komputer tablet, perangkat informasi, dan lain-lain. Beberapa OS yang sering digunakan, antara lain iOS, Android OS, dan BlackBerry OS. 

Jenis-Jenis Sistem Operasi Perangkat Bergerak

  • ·Java
  • ·Syimbian
  • ·Windows Mobile MXI (Motion eXperience Interface)
  • ·Bada Os
  • ·Meego
  • ·Palm OS
  • ·BlackBerry OS

  • Pengertian Jenis-Jenis Sistem Operasi Perangkat Bergerak
    1.      Java 

Sebenarnya, OS ini dapat dikatakan bukan operating system karena setiap vendor akan menerapkan sistem yang berbeda untuk produknya. Java sebagian besar digunakan untuk kapabilitas aplikasi dari pihak ketiga. Namun, tidak semua handset yang telah mendukung Java ini juga akan mampu mendukung aplikasi yang sama karena hal ini terkait dengan sistem dan hardware yang bersangkutan. Kelebihan sistem operasi ini ialah membutuhkan memori dan prosesor yang relatif kecil. Kelemahannya yang paling utama adalah belum support multitasking (beberapa aplikasi berjalan secara bersarnaan). Oleh sebab itu, ponsel tersebut tidak memiliki tombol untuk swift application atau gambar. 

2.      Symbian 

Sistem operasi Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Symbian merupakan perusahaan independen hasil kolaborasi vendor-vendor raksasa pada masa itu yakni Ericsson, Nokia, Motorola, dan Psion. Symbian telah mengeluarkan Operating System untuk smartphone terbarunya yaitu versi 9.3, Symbian menyatakan bahwa versi 9.3 ini akan lebih mempercepat, mempermurah dan mempermudah para vendor handphone.

Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Saat ini Symbian OS banyak telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API). API mendukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain. Hal ini dimungkinkan karena API merupakan objek antarmuka yang didefenisikan pada level aplikasi, yang berisikan prosedur dan fungsi (dan juga variabel serta struktur data) yang mengelola/memanggil kernel dimana sebagai penghubung antara software dan hardware. Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang dibuatnya agar dapat diinstal pada bermacam produk mobile. Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu akan jadi diberi.

Beberapa fitur OS Symbian antara lain :

·        Secara umum, bahasa pemrograman yang digunakan adalah C++. Namun, bahasa pemrograman lain, seperti Phyton, VB, OPL, dan Perl, juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi.

·    OS Symbian berbasis event-driven, CPU di-nonaktifkan ketika aplikasi yang dijalankan tidak terhubung dengan event apa pun

·   Aplikasi Symbian, seperti theme dan game merupakan file .sis yang dapat dengan mudah ditransfer dengan bluetooth.

3.      Windows Mobile

Windows Mobile adalah sistem operasi seluler yang ditawarkan oleh Microsoft. Sistem operasi Windows Mobile dimulai dari Pocket PC 2000, Pocket PC 2002, Windows Mobile 2003, Windows Mobile 5, Windows Mobile 6. Versi terbaru yang sedang dikembangkan Microsoft adalah Photon, yang didasarkan pada Windows Embedded CE 6.0 dan diharapkan dapat mengintegrasikan versi smartphone dan Pocket PC. Windows Mobile adalah salah satu sistem operasi (OS) mobile yang dikembangkan oleh Microsoft dan di desain untuk digunakan pada smartphone dan perangkat nirkabel lainya. Versi saat ini disebut 'Windows Mobile 6.5'. OS ini berbasis pada Windows CE 5.2 Kernel, dan fitur-fiturnya dikembangkan menggunakan Microsoft Windows API. Windows Mobile didesain sedemikian rupa agar mirip dengan versi Windows Desktop. Sebagai tambahan, third party software development tersedia untuk Windows Mobile. Kebanyakan perangkat Windows Mobile dilengkapi dengan Stylus Pen, yang mana di gunakan untuk memasukan perintah-perintah dengan cara men-tap-nya di layar. Microsoft mengumumkan platform baru, Windows 7 Series, di Mobile World Congress di Barcelona pada 15 Februari 2010. Perangkat ini pertama kali dirilis sebagai sistem operasi Pocket PC 2000 yang menggunakan Windows

4.      MXI (Motion eXperience Interface)

MXI (Motion eXperience Interface) adalah sebuah sistem operasi mobile yang univesal. Pada tahun 2004, perusahaan solusi nirkabel meluncurkan sistem operasi mobile universal yang menciptakan informasi dan entertained selama dalam perjalanan yang setara dengan kekuatan PC. MXI OS dapat dijalankan untuk aplikasi mobile seperti Windows, Linux, Palm dan Java. Dalam peluncuran perdana MXI OS, user dapat menggunakannya dalam perangkat nirkabel untuk komputasi dan komunikasi (seperti smartphone). MXI menawarkan kemudahan dalam menggunakan interface dan aplikasi yang cepat untuk diakses oleh pengguna.

5.      webOS

webOS adalah sistem operasi mobile untuk beberapa perangkat ponsel, smartphone dan komputer tablet. webOS berbasis linux kernel yang awalnya yang dikembangkan oleh Palm, namun kemudian diakuisisi oleh Hewlett-Packard dengan nilai 1,2 milliar yang kemudian lebih dikenal dengan HP webOS. webOS diperkenalkan tahun 2009. Beberapa perangkat yang menjalankan webOS diantaranya smartphone HP Veer dan HP Pree 3. Sementara untuk perangkat komputer tablet adalah HP Touch Pad. Namun sayangnya perangkat dengan platform webOS kurang laku dipasar bahkan pihak HP menghentikan pembuatan perangkat keras tersebut. Hingga issu yang beredar bahwa di tahun 2011 Samsung akan mengakuisisi webOS namun kabar tersebut disangkal oleh Manajemen Samsung.

6.      Bada OS

Bada OS adalah sistem operasi mobile untuk perangkat smartphone dan komputer tablet. Bada OS dikembangkan oleh salah satu vendor terbesar di dunia, Samsung Elektronik. Bada OS diperkenalkan pertama kali pada Mobile World Congress tahun 2010 untuk aplikasi di ponsel Samsung Wave S8500 temasuk aplikasi game yang diciptakan oleh Gameloft. Samsung mengajak developer independent dalam mengembangkan aplikasi-aplikasinya. Platform Bada di ponsel Samsung Wave S8500 mendapat dukungan dari perusahaan-perusahaan besar seperti Twitter, EA (perusahaan game untuk ponsel asal Amerika), Blockbuster (Home Entertainmen asal Amerika), Capcon (perusahaan game untuk ponsel asal Jepang) dan tentu saja Gameloft (perusahaan game untuk ponsel asal Prancis).

7.      Meego

MeeGo adalah sebuah sistem operasi mobile yang berbasis linux dan sebuah proyek open source alias gratis. MeeGo dikembangkan untuk berbagai perangkat keras seperti netbook, komputer tablet, nettops (dekstop komputer yang berbentuk lebih kecil), in-vehicle infotaiment devices (perangkat infotaiment dalam kendaraan), smartTV, smartphone dan lain sebagainya. MeeGo OS merupakan OS yang terhitung baru dan diperkenalkan pada Mobile World Congress tahun 2010 dan yang memperkenalkan adalah Intel dan Nokia.

8.      Palm OS

Palm OS diperkenalkan di tahun 1996 yang awalnya dikembangkan untuk perangkat ponsel PDA (Personal Digital Assistant). Palm OS kemudian dikembangkan dengan kemudahan touchscreen-nya yang berbasis graphical user interface. Ciri khasnya dari PDA yang disokong oleh Palm OS adalah interface yang menampilkan shortcut-shortcut menu. Produk yang menggunakan Palm OS adalah HP Touch Pad, Palm Treo Smartphone dan sbg.

9.      BlackBerry OS

BlackBerry menggunakan BlackBerry OS sebagai sistem operasinya. BlackBerry OS, dikembangkan oleh Reseach in Motion (RIM), untuk BlackBerry, perusahaan telekomunikasi asal Kanada ini. Diawal kemunculannya BlackBerry booming dengan layanan push-email dan sebagai smartphone yang sukses dipasaran. Versi terakhir dari BlackBerry OS adalah BlackBerry OS 7, salah satu smartphone andalannya BlackBerry Curve 9380. Indonesia dinilai sebagai pasar terbesar bagi penjualan BlackBerry, namun sayangnya pihak RIM belum mau berinvestasi di lndonesia dan tetap membangun pabriknya di Malaysia. Sehingga tidak adanya pabrik blacberry di indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Frame Work

CONTOH-CONTOH CODINGAN DAN HASIL DARI CODINGAN TERSEBUT

SOAL ESSY MODUL 1-7